Untitled

Senat Fakultas:
1.   Senat fakultas merupakan badan normatif dan perwakilan tertinggi di fakultas.
2.   Senat fakultas mempunyai tugas pokok
      a.     merumuskan kebijakan akademik dan pengembangan fakultas;
      b.     merumuskan kebijakan penilaian prestasi akademik dan kecakapan sertakepribadian sivitas akademika;
      c.     merumuskan norma dan tolok ukur penyelenggaraan pendidikan tinggi;
      d.    memberikan pertimbangan dan persetujuan atas Rencana Anggaran Pendapatandan Belanja fakultas yang diajukan oleh dekan;
     e.     menilai kinerja dan pertanggungjawaban dekan atas pelaksanaan kebijakan yangtelah ditetapkan;
     f.      merumuskan peraturan pelaksanaan kebebasan akademik, kebebasan mimbarakademik, dan otonomi keilmuan pada fakultas;
     g.     menegakkan norma yang berlaku bagi sivitas akademika;
3.   Senat fakultas terdiri atas para guru besar, pimpinan fakultas, ketua jurusan, dan wakil dosen masing-masing jurusan/program studi
4.   Keanggotaan senat fakultas ditetapkan dengan keputusan rektor.
5.   Tata cara pemilihan, penetapan, dan pemberhentian wakil dosen dari masing-masing jurusan/program studi sebagai anggota senat fakultas ditetapkan dengan keputusan dekan setelah mendapat persetujuan senat fakultas.
6.   Senat fakultas dapat diketuai oleh dekan, dibantu oleh seorang sekretaris yang dipilih di antara anggota senat serta diangkat oleh ketua atas persetujuan senat fakultas.
7.   Dalam melaksanakan tugasnya, senat fakultas dapat membentuk komisi-komisi yang beranggotakan anggota senat fakultas, bila diperlukan ditambah anggota lain.
8.   Tata cara pengambilan keputusan dalam rapat senat fakultas dan komisi-komisi diatur dalam peraturan tata tertib rapat senat fakultas.
9.   Masa keanggotaan senat fakultas adalah empat tahun dan dapat diangkat kembali, kecuali anggota senat fakultas dari wakil dosen dapat diangkat paling lama dua kali masa keanggotaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *