JUMAT, 20 NOVEMBER 2015.

Telah menjadi komitmen Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik  bahwa untuk meningkatkan kualitas pendidikan dilingkungan program studi, perlu kiranya mengundang praktisi maupun ilmuan yang ahli dibidangnya dalam berbagi pengetahuan dan pengalaman. Komitmen tersebut kemudian direalisasikan program studi dengan melibatkan Himpunan Jurusan Mahasiswa Administrasi Negara (HIMAJAN) dengan mengundang Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi yakni Bapak Marwan Jafar untuk berbicara dihadapan mahasiswa  terkait disiplin ilmu administrasi Negara.

Topik yang kami ambil bertajuk “Peran Aktif Mahasiswa dalam Implementasi Undang – Undang Desa No. 6 tahun 2014”. Kegiatan dimulai pukul 14.00 WIB dan dihadiri lebih kurang 200 peserta termasuk didalamnya unsur dosen dan pimpinan. Proses kuliah umum berjalan dengan antusiasme yang luar biasa hal ini ditandai dengan munculnya berbagai pertanyaan yang kritis dari peserta, bahkan Bapak Marwan Jafar mengatakan “kegiatan ini sangat positif dan merupakan bagian dari sinergi antara perguruan tinggi dengan pemerintah”.

Dalam hal substansi terkait topik yang diangkat, Menteri Desa, PDT dan Transmigrasi menyebutkan dalam paparannya bahwa program pembiayaan desa digunakan salah satunya untuk membangun infrastruktur. Pembangunan infrastruktur diharapkan mampu meningkatkan perekonomian desa yang pada gilirannya berdampak positif secara nasional dan ini merupakan solusi konkrit dalam rangka meningkatkan perekonomian rakyat. Disamping itu peran aktif mahasiswa juga diperlukan dalam mengawal berbagai kegiatan terkait desa, utamanya desa – desa terluar di Indonesia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *